0

30 Hari Jelang Sea Games


Dalam hitungan hari, pesta olahraga dua tahunan se-Asia Tenggara, Sea Games Ke-26 akan resmi dilangsungkan di Palembang dan Jakarta. Dua kota tuan rumah penyelenggara Sea Games ini terus berbenah selama setahun terakhir demi terselenggaranya Sea Games. Pembangunan infrastruktur hingga persiapan Pelatnas terus dipacu lebih cepat untuk mendukung misi Indonesia menjadi tuan rumah yang baik sekaligus menyabet gelar juara umum.

Di sepanjang kompleks olahraga Senayan terpampang memanjang maskot Sea Games dan ilustrasi berbagai cabang olah raga yang dipertandingkan di Sea Games. "United and Raising" adalah slogan yang menjadi jargon Sea Games kali ini. Penyelarasan slogan tersebut dengan misi ASEAN adalah bukti bahwa olahraga merupakan salah satu alat pemersatu antarnegara di dalam kawasan, khususnya Asia Tenggara. Olahraga selalu ada di areanya sendiri, area netral yang menjunjung tinggi sportivitas di atas segalanya.

Jika melihat prestasi Indonesia di Sea Games dari tahun ke tahun, terjadi dinamika yang kurang menggembirakan bagi Indonesia. Juara umum urung tergapai kembali, kecuali ketika menjadi tuan rumah. Dominasi Indonesia di cabang-cabang olahraga penyumbang medali terbesar ,diantaranya cabang olahraga atletik dan akuatik, masih terlampaui negara lain yang juga memiliki kekuatan besar di kedua cabang olahraga tersebut. Sementara itu di beberapa cabang olahraga unggulan seperti bulutangkis, angkat besi, tinju, beladiri (karate, pencak silat, judo, dsb), dan senam terus mendapatkan tekanan persaingan dari negara lain.

Menyadari keterbatasan tersebut, Pelatnas yang dicanangkan KONI dalam menghadapi Sea Games berorientasi hasil: Juara umum. Seluruh induk olahraga nasional menetapkan target optimis di berbagai cabang olahraga. Sehingga jika diakumulasi, target medali emas yang dicanangkan Indonesia mencapai 150 medali. Ini berarti sekitar 4 kali lipat dari perolehan emas Sea Games sebelumnya. Optimisme ini dibuktikan dengan makin matangnya kesiapan Satlak Prima Pelatnas Sea Games di dalam mempersiapkan kondisi para atlet yang akan berlaga di SEA Games. Serangkaian latihan dan uji coba telah dilangsungkan dan mendapat hasil positif di beberapa cabang olahraga.

Di sisi lain, penyelenggaraan SEA Games mendapat hambatan dari kesiapan sejumlah lokasi pertandingan dan akomodasi yang menghubungkan kebutuhan kontingen dari seluruh negara dari kawasan Asia Tenggara. Meskipun demikian, panitia penyelenggara tetap berjuang menutupi kekurangan yang ada sebelum Sea Games dimulai. Berbagai upaya juga sedang dilakukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga dan INASOC untuk memastikan semua pertandingan Sea Games dapat dilangsungkan sesuai dengan standar penyelenggaraan ajang olahraga internasional. Diantaranya percepatan pencairan anggaran untuk pembangunan lokasi pertandingan dan anggaran untuk mendukung kerja tim penyelenggara Sea Games di Palembang dan Jakarta.

Kita berharap semoga 46 cabang olahraga yang dipertandingkan di Sea Games 2011 kali ini mampu didominasi oleh Indonesia. Sukses tuan rumah sekaligus juara umum adalah harapan bersama. Kita Bisa Menang.


0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top