0

Sahabat Harimau WWF untuk Konservasi Harimau Sumatera

Populasi Harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae) saat ini hanya berjumlah sekitar 300-400 ekor. Tersebar ke dalam kelompok-kelompok kecil di hutan konservasi maupun alam liar Sumatera, keberadaan Harimau Sumatera berada di ambang kepunahan. Spesies ini merupakan spesies harimau terakhir yang masih eksis keberadaannya. Sebelumnya Harimau Bali dan Harimau Jawa telah dinyatakan punah sebagai akibat dari desakan terhadap ekosistem tempat hidup mereka. Perburuan liar menjadi penyumbang terbesar tingkat kepunahan kedua spesies tersebut.

Peran Harimau Sumatera sebagai penjaga keseimbangan ekosistem sangat penting. Sebagai predator, Harimau Sumatera merupakan pemangsa tingkat akhir (puncak).yang menentukan keseimbangan rantai makanan. Pola hidup harimau yang hidup di daratan tropis juga sangat bergantung pada luas tutupan hutan. Dengan area tutupan hutan yang luas, harimau dapat tumbuh dan berkembang biak dengan normal karena kemampuan adaptasinya yang baik. Kemampuan di dalam berenang, mencari mangsa, dan menjaga pertahanan diri dari ancaman adalah kelebihan dari spesies ini. Pembeda yang khas antar harimau juga dapat diidentifikasi melalui motif bulunya yang belang. Dengan ciri tersebut, harimau dapat mengetahui anggota kelompoknya.

Kawasan yang dikembangkan untuk kelangsungan eksistensi Harimau Sumatera adalah Bukit Tiga Puluh, Bukit Rimbang Baling, Riau. Di kawasan ini ratusan harimau berada di dalam konservasi yang ditangani khusus oleh tim sukarelawan, termasuk WWF. Keberadaan sukarelawan ini dibantu oleh tim survei WWF yang secara rutin melakukan pengawasan terhadap populasi harimau yang hidup di kawasan tersebut. Dengan dilakukannya pengawasan secara rutin, potensi bahaya dan ancaman terhadap Harimau Sumatera dapat dideteksi sejak dini. Hanya saja, konservasi satwa langka selalu membutuhkan pendanaan yang maksimal dari semua pihak.

WWF Indonesia telah meluncurkan Program SAHABAT Harimau yang bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat Indonesia dan dunia terhadap konservasi Harimau Sumatera. Didukung oleh empat paket donasi yang dapat dipilih oleh donatur, formula SAHABAT Harimau terbilang baik di dalam menggalang kepedulian masyarakat dalam membantu kelangsungan hidup Harimau Sumatera. CUBS, Stripes, Rangers, dan  Tigerhood adalah kategori paket donasi yang ditawarkan, mulai dari nominal Rp. 100.000,- s.d. Rp. 500.000,-. Fleksibilitas pembayaran juga mendapat prioritas dengan dibukanya berbagai metode pembayaran donasi. Ditambah lagi paket souvenir yang diperoleh ketika donasi telah dibayarkan oleh donatur.

Kepedulian terhadap aset bangsa ada di tangan kita. Jika Harimau Sumatera masih kita inginkan sebagai bagian dari aset bangsa yang wajib diselamatkan dari ancaman kepunahan, maka selaknya kita melakukan langkah sederhana. Mari peduli dengan ikut serta dalam program ini. Saatnya kita bersama di pihak mereka, Harimau Sumatera. 

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top